Pertanian Keluarga (PK) Gapoktan Bangka Tengah Siap Panen Berkelanjutan

Bangka Tengah – Kegiatan Pertanian Keluarga (PK) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Aneka Bersama Bangka Tengah binaan Dinas Pangan Provinsi panen kacang tanah, Kamis (5/11/2020). Di lahan seluas 0,75 ha, Poktan Sriguna Desa Cambai Selatan siap panen. Panen dihadiri Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Kepala Bidang Ketersediaan Dinas Pangan Provinsi, Kades Cambai Selatan, dan anggota Gapoktan Bangka Tengah.

Panen kali ini merupakan runtutan panen dari target 100 kg bibit komoditas kacang tanah untuk 1 hektar tanah. Sebelum ditanam kacang tanah, lahan ini merupakan peralihan dari tanaman timun, karena kegiatan pertanian keluarga menargetkan tanam tumbuh yang terus berkesinambungan.

“Jadi sebelum menanam kacang, tanah ini digunakan untuk menanam timun yang telah lebih dulu panen. Berikutnya, kita akan menanam kacang tanah lagi. Untuk panen kali ini, kita menargetkan hasil 3 ton dari satu hektar tanah dengan bibit awal 100 kg bibit kacang tanah lokal,” jelas Budi, ketua Gapoktan Aneka Bersama.

Budi mengatakan tidak ada masalah dalam proses pemasaran kacang tanah. Ada pembeli (pengepul) yang langsung datang untuk mengambil hasil panen dan bisa juga melalui online.

Disaat yang bersamaan, Poktan Subur Lestari juga memanen pare yang hasilnya siap dipasarkan. Poktan Subur Lestari dan Poktan Sriguna berada di bawah Gapoktan yang sama. Ketua Poktan Subur Lestari, Suwandi menyebut bahwa mereka siap untuk terus berproduksi. Setelah pare, 5 kg bibit cabe rawit telah disemai walau beberapa kali mengalami kegagalan. Bawang merah tinggal menunggu perkembangan, dan kacang tanah pada tahap menunggu hasil. Terakhir, komoditas sawi Thailand siap untuk ditanam.

“Sesuai amanah Dinas Pangan, kami siap mengakomodir dana kegiatan PK yang telah diberikan kepada kami secara berkelanjutan. Seperti cabe rawit, walau telah beberapa kali gagal, kami tidak berputus asa untuk terus menanam kembali,” ujar Suwandi. “Selain itu, kami juga berupaya untuk menanam bawang merah yang agak sulit dikembangkan di Bangka Belitung,” tambahnya.

Diakhir kunjungan, Sri Rezeki, Kepala Bidang Ketersediaan Dinas Pangan Provinsi menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan terhadap perkembangan Gapoktan dibawah binaan Dinas Pangan Provinsi.

“Kepada bapak-bapak agar terus menjaga semangat dalam mengembangkan hasil pertanian. Kami bangga karena pertanian dilaksanakan dengan baik. Pesan kami, yang pertama jangan sampai modal tidak kembali, kemudian wajib mendapat keuntungan. Ketiga, dapat memutar modal untuk ditanam kembali. Dan keempat, berkesinambungan,” papar Sri Rezeki.

“Semoga hasil pertanian ini dapat bermanfaat bermanfaat, terutama bagi keluarga bapak sendiri, masyarakat Cambai Selatan, kabupaten Bangka tengah, dan Bangka Belitung umumnya. Sehingga ketersediaan pangan kita dapat tercukupi dan PR untuk menuntaskan daerah rentan rawan pangan dapat selesai,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Pangan
Penulis: 
Dini
Fotografer: 
Dini
Bidang Informasi: 
BKP Babel